EN ID

Resmi terdaftar di bursa, saham Dana Brata Luhur (TEBE) melesat 49,77%

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Dana Brata Luhur Tbk resmi mengambil lantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Senin (18/11). Penerbit dengan nama sandi TEBE menjadi penerbit ke-46 yang mendaftarkan sahamnya di bursa pada 2019 dan perusahaan ke-659 yang terdaftar di BEI.

TEBE menawarkan saham pertamanya dengan harga Rp 1.096 per saham. Saham yang diterbitkan adalah sebanyak 35 juta saham baru atau mewakili 2,72% dari seluruh modal disetor penuh setelah Penawaran Umum Perdana (IPO) dan Mandatory Convertible Loan (MCL) atau pinjaman wajib konversi.

Dari hasil IPO ini, TEBE menuai dana segar senilai Rp 38,36 miliar. Selain IPO, TEBE juga akan menerbitkan saham baru dalam konteks pelaksanaan konversi MCL dari 250 juta saham atau Rp. 274 miliar. Jumlah ini setara dengan 20% dari total modal disetor sebelum IPO atau 19,64% dari total modal disetor setelah IPO. Dengan demikian, persentase kepemilikan saham publik adalah 22,18% dari total modal ditempatkan dan disetor setelah proses IPO dan MCL.

Direktur Dana Brata Luhur Dian Heryandi mengatakan langkah TEBE untuk melakukan IPO adalah bagian dari upaya perusahaan untuk mencapai visi dan misi TEBE untuk menjadi perusahaan penyedia layanan infrastruktur dan transportasi batubara terintegrasi terkemuka di Indonesia. "Masuknya perusahaan ke pasar modal adalah salah satu upaya untuk memperkuat struktur modal, meningkatkan tata kelola perusahaan, dan membuka akses lebih luas ke sumber pendanaan di pasar modal," katanya di Jakarta, Senin (17/11).

Sementara itu, Hendy Narindra, Direktur TEBE, mengatakan bahwa dana hasil IPO akan digunakan untuk mengembangkan bisnis perusahaan, dengan 80% di antaranya digunakan untuk kebutuhan modal anak perusahaan, PT Talenta Bumi dan sisanya 20% akan menjadi digunakan oleh TEBE sebagai modal kerja.

Masa penawaran umum berlangsung pada 11 November 2019, dan mendapat respons positif dari investor. Ini dibuktikan dengan terjadinya oversubscribed sebanyak 3,65 kali dari total saham IPO atau oversubscribed sebanyak 265,92 kali porsi pooling. Dalam pelaksanaan IPO, Dana Brata Luhur mengambil PT Victoria Sekuritas Indonesia dan PT Surya Fajar Sekuritas sebagai penjamin emisi.

Artikel ini telah ditayangkan di https://investasi.kontan.co.id/news/resmi-melantai-di-bursa-saham-dana-brata-luhur-tebe-melesat-4977